Jelajah

Karhutla di Gunung Gombak Nglarangan Kauman Ancam Ladang Jagung Dan Peternakan

Catatan kebakaran hutan dan lahan Karhutla di Ponorogo terus bertambah, terbaru gunung di wilayah Gombak atau Sarean di Desa Nglarangan kauman Somoroto membara sejak Senin sore (20/08) sekitar jam 16.00 WIB. 

Api baru berhasil dipadamkan pukul 24.00 WIB setelah pihak polsek, relawan, BPBD dibantu warga bahu membahu memadamkan amukan si jago merah, kendati demikian polisi masih melakukan penjagaan hingga Selasa 20 Agustus 2024, mengantisipasi muncul titik api lagi.

Kompol Haryo Kusbintoro Kapolsek Somoroto kepada gema surya mengatakan sebenarnya kebakaran berawal di perbukitan Desa Muneng pada Minggu 18 Agustus kemudian menjalar hingga kawasan sukosari dan Gombak larangan. 

“Titik api sebenarnya sudah sejak hari minggu kemarin, tanggal 18, pukul 14:00, berawal dari daerah muneng, karena kena angin, dari situ untuk daerah sukosari dan nglarangan sudah melaporkan ke pihak kepolisian untuk siap-siap jika nantinya merembet ke arah utara” terangnya kepada gema surya.

Yang terbakar kata Kompol Haryo, merupakan lahan milik masyarakat dengan mayoritas tanaman jati, untungnya yang terbakar hanya selasar atau rumput dan dedaunan kering di bawahnya saja. 

Hanya saja kebakaran tetap harus diatasi lantaran di bawah gunung ada ladang jagung serta peternakan warga, jika api menjalar hingga ke bawah tentu kerugian yang ditimbulkan cukup banyak dimana angin kencang dan cuaca kering akan membuat api semakin cepat meluas.