Jelajah

Bukan Hanya Ronosentanan Siman, Virus Gemini Juga Ancam Wilayah Sentra Tanaman Cabai di Ponorogo

Menurut informasi yang dihimpun, virus Gemini, yang lebih dikenal dengan penyakit kuning, tidak hanya menyerang lahan cabai di Ponorogo tetapi juga telah ditemukan di beberapa area di Kediri. Namun, Suwarni menjelaskan bahwa pihaknya masih melakukan pendataan untuk mengetahui wilayah mana saja yang telah terkena serangan virus ini, sambil menunggu laporan lebih lanjut dari lapangan.

“Dulu, virus Gemini bukanlah ancaman serius karena tidak dianggap sebagai Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) utama. Namun, belakangan ini, penyakit ini menjadi masalah yang harus segera dikendalikan, karena tingkat serangannya sudah mengancam produktivitas tanaman cabai,” ungkap Suwarni.

Untuk mengatasi penyebaran virus ini, selain pengendalian dengan penyemprotan pestisida, Suwarni menyarankan petani untuk melakukan sanitasi lahan dengan mencabut dan memusnahkan tanaman yang terinfeksi guna menghilangkan sumber infeksi. Selain itu, pemasangan perangkap kuning juga disarankan untuk menangkap kutu kebul, yang diketahui sebagai vektor penyebaran virus pada tanaman cabai.