HeadlineJelajah

Kebakaran Hutan di Maguwan Sambit Ancam 30 Rumah Warga

Gunung Putuk Cupu dan Watu Gedek Dukuh Krajan Desa Maguan Kecamatan Sambit Selasa, 6 Agustus 2024  kembali menyala. Kebakaran tersebut mengancam 30 rumah yang jaraknya sekitar 2 kilometer dari kobaran api.

Angin kencang dan banyaknya ilalang kering telah menyebabkan api cepat membesar dan meluas. Widodo, salah satu warga setempat, mengungkapkan kekhawatirannya, “Kami berjaga-jaga lantaran khawatir api akan turun dan merembet ke permukiman kami. Situasi saat ini sangat menegangkan, karena api semakin mendekati rumah-rumah warga.”

Kebakaran hutan yang terjadi di area Perhutani ini sebenarnya sudah berlangsung sejak Senin siang, namun api semakin membesar karena kondisi angin yang kencang.

Sementara menurut Anggota Tim Pusdalops BPBD Ponorogo, Gilang Aditya Madana, kebakaran melanda Petak 135B RPH Bungkal, KPH Lawu DS, BKPH Ponorogo Timur, Desa Maguan. “Setidaknya 7 hektar lahan hutan telah ludes dilalap api. Kami menduga kebakaran ini dipicu oleh aktivitas pembakaran ilalang yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab,” jelas Gilang.

Gilang juga mengungkapkan, “Saat ini, petugas gabungan dari BPBD, Perhutani, TNI-Polri telah melakukan upaya pemadaman. Kami juga telah membuat ilaran untuk memecah jalur api yang mendekati permukiman agar tidak semakin meluas.”