Jelajah

Kebakaran Hutan di Gunung Gombak Desa Tatung Balong, 7 Hektar Lahan Jati dan Alba Ludes

Semakin bertambah, kasus kebakaran hutan dan lahan karhutla di Ponorogo. Hutan rakyat yang ditanami pohon jati dan alba seluas 7 hektar di Gunung Gombak desa Tatung Balong dilalap sijago merah Senin petang  5 Agustus 2024. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun Tim dari BPBD bersama warga harus turun ke lokasi untuk memadamkan api lantaran semakin meluas bahkan mengancam beberapa desa dibawahnya dari Desa Tatung dan Muneng Balong serta Sukosari Kauman.

Darto Kasun Krajan, Desa Muneng, mengatakan titik api muncul bada maghrib. Titik api awalnya di Gunung Gombak kecil, namun karena terbawa angin akhirnya semakin melebar dan meluas. Yang mengkawatirkan titik api semakin turun ke lereng gunung dan hampir mendekati pemukiman warga. Akhirnya warga  berjaga disekitar lokasi termasuk juga petugas BPBD yang berusaha memadamkan laju api. Darto memperkiarakan sumber api  muncul dari gesekan kayu atau human error karena putung rokok.

Sementara, petugas BPBD Ali Marsono mengaku kesulitan memadamkan api. Karena, curamnya lokasi juga jauh dari sumber air. Akhirnya api dipadamkan secara manual dengan cara digepyok atau dipukul dengan ranting. Menurutnya, petugas juga merasa kesulitan saat berjibaku memadamkan api. Karena kencangnya angin, membuat api sulit dipadamkan.