Jelajah

Stok Melimpah, Harga Sayur Mayur Dari Petani di Pudak Turun Harga

Memasuki bulan Agustus, Produksi sayur-mayur melimpah di wilayah Pudak, dampaknya harga sayur mengalami penurunan yang signifikan untuk berbagai jenis seperti kobis, bawang pre, hingga sawi.

Hal tersebut disampaikan Erwan Santoso Kepala Desa Krisik Pudak kepada gema surya Ahad (04/08), dimana harga ini dipengaruhi juga dari melimpahnya sayuran dari daerah lain seperti Tawangmangu dan Wonosobo yang saat ini juga panen raya.

Menurut Erwan jenis sayur yang turunnya lumayan signifikan diantaranya bawang pre, sebelumnya harganya Rp18.000 kini harganya tinggal Rp13.000. Kubis pun terjun bebas, dari Rp7.500 kini tinggal Rp2.500, sawi dari Rp5.000 tinggal Rp2.000, wortel pun kini tinggal Rp2.500 per kilogram nya.

Stok melimpah ini kata Erwan, selain karena cuaca bagus juga adanya penambahan luasan lahan sekitar 40 persen. Lahan-lahan tersebut awalnya ditanami petani dengan rumput gajah namun seiring dengan kasus PMK beberapa waktu lalu yang menyebabkan banyak sapi mati sehingga akhirnya pilih ditanami sayuran.