AdvertorialJelajah

Ada Mahasiswa Korea Selatan di SMA Bakti Ponorogo, Belajar IT Serasa Menyenangkan

Suasana belajar mengajar di SMA Bakti Ponorogo tahun ajaran baru 2024 ini terasa menyenangkan dan istimewa, Sekolah yang ada di Jl. Batoro Katong itu kedatangan Mahasiswa dari Korea Kelatan dimana ada 4 mahasiswa yang tergabung dalam Korea Information Technology Volunteer (KIV) yang sesuai rencana akan berada di bumi reog selama 2 pekan.

Ichwanul abrori Kepala SMA Bakti Ponorogo mengatakan saat ini ke empat mahasiswa itu tinggal di homestay milik Ketua yayasan Bakti, selain sharing terkait informasiĀ  teknologi (IT) dengan siswanya, juga akan ada pertukaran budaya. Dijelaskan sebelum datang ke Indonesia sejak 1 Juli lalu, mereka sudah intens menjalin komunikasi dengan pelajar SMA Bakti Ponorogo melalui online.

Kemudian pada Ahad 14 Juli 2024, 4 Mahasiswa dari Negara gingseng itu menginjakkan kakinya di Kota reog dan pada Senin (15/7) mulai pembelajaran di sekolahnya. Dijelaskan jika kerja sama SMA Bakti dengan KIV sudah lama terjalin sejak tahun 2012 lalu, tapi terhenti lantaran ada Pandemi dan baru dimulai lagi tahun 2024 ini. Sejauh ini komunikasi dengan mereka lancar lantaran guru dan siswanya banyak yang lancar berbahasa asing yakni Inggris dan Korea.

Disinggung selama 3 hari berada di Ponorogo, keempat mahasiswa itu mengaku kerasan, kata Icwanul mereka suka makan nasi pecel asalkan sambalnya tidak pedas. Memang awalnya merasa kesulitan tidur saat menginap di rumahnya Jl. Menur lantaran tidak ada AC di kamar dan WC yang jongkok, Sehingga akhirnya dipindah ke rumah ketua yayasan bakti yang ruangan kamarnya fasilitasnya lebih bagus.

Terkait biaya selama tinggal di Ponorogo pihak Sekolah juga ikut sharing, mengingat dengan adanya kunjungan dari 4 mahasiswa korea selatan, maka kedepan ada juga peluang untuk anak didiknya juga belajar di korea, mereka selama di Ponorogo juga sangat tertarik dengan kesenian reog.