Jelajah

Libur Panjang, Ratusan Pelajar Datang ke Dukcapil Untuk Perekaman KTP

Moment liburan dimanfaatkan kalangan pelajar yang telah wajib KTP untuk melakukan perekaman di dinas dukcapil Ponorogo, alhasil antrian panjang terlihat di kantor yang berada di jalan Alun-Alun utara itu. 

Heru Purwanto, Sekretaris dinas kependudukan dan catatan sipil Dukcapil mengatakan, ada kenaikan kunjungan 2 kali lipat dari hari hari normal dimana Biasanya ada sekitar 100 hingga 150 pemohon, tapi sejak liburan sekolah, pemohon yang datang mencapai 250 hingga 300 orang.Mereka adalah para pelajar yang sudah waktunya punya KTP dan memiliki hak pilih dalam Pilkada November nanti. 

Diakui, ada 9000 pelajar atau pemilih pemula dimana pihaknya sudah mengirimkan undangan agar mereka segera melakukan perekaman ke layanan dukcapil terdekat. Dari jumlah tersebut tercatat 2000 pelajar sudah datang ke dukcapil atau masih sekitar 25 prosennya.

Kendati demikian pihaknya optimis, sebelum September, 9000 pemilih pemula itu sudah ber KTP, KTP bukan saja sebagai persyaratan untuk bisa nyoblos atau menyalurkan hak pilihnya dalam pilkada November 2024, tapi juga untuk layanan publik lainnya. Pihaknya memberikan batas waktu hingga akhir Agustus 2024 agar segera datang ke layanan Dukcapil Pemkab untuk melakukan perekaman.