Jelajah

Mahar Unik Pernikahan di Wagir Kidul Pulung, Seekor Sapi Jantan Senilai Rp20 Juta

Danang Saputra (28 tahun), warga Wagir Kidul, Pulung, memberikan mahar yang tak biasa saat mempersunting pujaan hatinya, Dita Eka Wahyu Sukmawati (23 tahun). Akad nikah mereka dilangsungkan di Masjid KUA Pulung pada Jumat, 5 Juli 2024. Mahar yang diberikan Danang berupa seekor sapi hidup yang dibawa menggunakan sebuah pick-up. Sapi tersebut kemudian diturunkan dan diserahkan langsung oleh Danang kepada mempelai wanita.

Tak hanya sapi, Danang juga memberikan uang tunai Rp 5.724.000, cincin emas seberat 3 gram, serta seperangkat alat sholat sebagai mahar. Danang menjelaskan,

“Penggunaan seekor hewan sapi jantan senilai Rp 20 juta ini untuk mahar karena saya adalah seorang peternak. Saya sudah bernazar bahwa jika suatu hari nanti menikah dan diberi rezeki cukup, saya ingin memberikan seekor sapi kepada istri saya.”

Kepala KUA Pulung, M. Sudartono, menyatakan pemberian mahar berupa binatang hidup seperti sapi jantan baru pertama kali ia temui.

“Pemberian mahar seperti ini tetap sah asalkan kedua pasangan sudah sepakat dan sama-sama menerima dengan rencana mahar yang akan diberikan,” ujar Sudartono.

Sebagai informasi, Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, juga turut menjadi saksi pernikahan tersebut.