Jelajah

Libur Panjang Sekolah, Penumpang Perum DAMRI Meningkat 50 Persen

Libur panjang sekolah menjadi berkah tersendiri bagi Perum DAMRI Ponorogo. Armada DAMRI, baik jalur perintis maupun Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), selalu dipenuhi penumpang.

Eko Hadi Santoso, Manager Usaha Perum DAMRI, mengatakan untuk jalur perintis ada kenaikan 50 persen sementara KSPN selalu penuh. Rata-rata penumpang merupakan rombongan pelajar yang datang secara langsung ke pool kantor DAMRI, ada juga yang naik melalui Terminal Seloaji.

Pihaknya menyediakan armada 2 PP untuk masing-masing jalur. Diakui armada DAMRI masih menjadi pilihan lantaran cukup murah. Untuk jalur perintis Ponorogo-Ngebel hanya Rp7 ribu sekali jalan, dan Ponorogo-Sarangan Rp13 ribu sekali jalan. Adapun jalur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, untuk Terminal Madiun-Pantai Klayar Rp28.200 sekali jalan dan Terminal Pacitan-Tulungagung sekitar Rp21 ribu sekali jalan.

Meningkatnya jumlah penumpang DAMRI saat libur sekolah karena banyak yang mengisi waktu luangnya ke tempat-tempat pariwisata. Sementara Telaga Ngebel dan Sarangan masih menjadi favorit. (rl/ab)