Jelajah

2 Kotak Amal TPU Mbah Bayi Keniten di Bobol Maling

Kasus pencurian kotak amal kembali marak terjadi. Bukan hanya kotak amal di masjid yang menjadi sasaran maling, namun kini kotak amal di Tempat Pemakaman Umum (TPU) pun tak luput dari jarahan. Seperti yang terjadi di TPU Mbah Bayi, Kelurahan Keniten, dimana kotak amalnya dibobol pencuri.

Sudarsono, seorang warga sekitar, mengaku mendapat laporan dari pengurus makam tentang hilangnya uang dari dua kotak amal di lokasi tersebut. Pelaku diduga membuka paksa gembok kotak amal dengan mencongkel menggunakan garpu, karena di sekitar lokasi ditemukan alat tersebut.

Menurut penuturan Sudarsono, sejak sepuluh hari terakhir, CCTV di area makam tersebut mati. Uniknya, seakan pencuri mengetahui bahwa CCTV tidak lagi berfungsi, sehingga melancarkan aksinya. Meskipun uang di dalam dua kotak amal itu tidak banyak, hanya sekitar 200 ribu rupiah, kejadian ini tetap meresahkan warga sekitar.

Sebelumnya, pengurus makam sempat mengambil uang dari kotak amal untuk kegiatan kerja bakti, sehingga jumlah uang yang dicuri tidak besar. Sejak adanya CCTV, kasus pencurian kotak amal sempat lama terhenti, namun kini kambuh lagi setelah diketahui CCTV tidak lagi berfungsi.