Jelajah

Kapolda Jatim Resmikan Pembangunan Sumur Bor 4 Titik di Ngumpul dan Karangpatihan Balong

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Imam Sugianto, meresmikan pembangunan sumur bor di empat titik di Desa Ngumpul dan Karangpatihan, Balong, Ponorogo, pada Selasa, 25 Juni 2024.

Kapolda menjelaskan bahwa bantuan tersebut merupakan bagian dari upaya Polri untuk meningkatkan akses air bersih serta irigasi sawah bagi masyarakat setempat. Selain itu, bantuan ini juga bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan mendukung percepatan ekonomi inklusif.

“Pembangunan sumur bor ini diharapkan bukan yang terakhir dan bisa menjadi inspirasi bagi lembaga lainnya,” kata Irjen Pol Imam Sugianto. Ia menambahkan bahwa di Jawa Timur sendiri, total ada 48 titik pembangunan sumur dalam, dengan 27 unit di antaranya sudah selesai 100 persen. Selain pembangunan sumur bor, Polri juga membagikan 21.801 paket bantuan sosial kepada masyarakat.

Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polri juga melakukan bakti religi dengan membersihkan 796 tempat ibadah dan baksos bedah rumah di 29 titik di wilayah Provinsi Jawa Timur. Peresmian simbolis dipusatkan di sumur bor lapangan Dusun Wotan, Desa Ngumpul.

Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, berbagai pejabat daerah, dan tokoh masyarakat. Menurut Kapolda, bakti sosial Polda Jatim ini dipusatkan di Kabupaten Ponorogo dan diikuti oleh 38 satuan kewilayahan jajaran.

“Pembangunan sumur bor ini sangat penting untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi masyarakat serta mendukung irigasi pertanian, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga setempat,” tutup Irjen Pol Imam Sugianto.

4o