Jelajah

Bupati Minta Rencana Pembelian Mobil SMPN 1 Ponorogo Ditunda

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko turun tangan terkait rencana biaya  sumbangan pengembangan dan peningkatan mutu sekolah (SPPMS) di SMPN 1 Ponorogo. Orang nomor satu di Pemkab itu meminta ada penundaan pembelian mobil  sekolah, bahkan untuk pembelian komputer dan alat musik juga harus dimusyawarahkan kembali.

Hal itu disampaikan Bupati saat mengumpulkan seluruh kepala SMPN se Ponorogo di aula SMPN 2 Ponorogo Rabu sore (04/10). Menurutnya program untuk meningkatkan mutu pendidikan itu, harus sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Memprogramkan sesuatu yang dibutuhkan, jangan sampai sekunder banget lah, artinya ya yang mendekati kebutuhan anak, untuk percepatan, untuk meningkatkan mutu, meningkatkan mindset, prestasinya” jelasnya kepada wartawan.

Menurut Bupati, sesuai aturan memang diperbolehkan untuk penarikan sumbangan kepada wali murid untuk peningkatan mutu sekolah, tapi tetap  mempertimbangkan kemampuan siswa, pihaknya mengakui bahwa bantuan operasional sekolah (BOS) dari Pemerintah, belum bisa untuk mengatasi biaya peningkatan mutu siswa dan sekolah. 

“saya pikir orang tua murid kan juga menuntut anaknya pinter ngaji, pinter nyanyi, pinter apa itu bagian dari hidup. Oleh karenanya BOS tidak mampu, tidak cukup mengatasi itu” 

Sehingga Peran serta dari masyarakat maupun wali murid harus dilibatkan untuk program peningkatan mutu tersebut, namun programkan yang benar-benar dibutuhkan, selain itu sumbangan,tidak boleh ada nominal tertentu yang dipatok ke siswa. 

“kemudian konsep merdeka belajar. Kedepan memang membutuhkan gotong royong yang disebut pentahelix tadi, maka butuh dari masyarakat, peran serta masyarakat” pungkasnya.