Jelajah

Dukcapil Targetkan Perekaman e-KTP untuk Pemula Selesai September

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Pemkab Ponorogo kejar target ngebut melakukan perekaman KTP elektronik. Bulan September nanti harus sudah terselesaikan 16.069 warga Ponorogo kelahiran tahun 2006 atau usia 17 tahun.

“Dinas kependudukan dan catatan sipil pada tahun ini, sedang menggencarkan untuk perekaman pemula, dalam rangka pemenuhan hak penduduk untuk mendapatkan administrasi kependudukannya dan juga mensukseskan Pemilu di 2024,” kata Heru Purwanto Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Ponorogo, Kamis (24/8).

Heru bilang, pihaknya telah mengundang puluhan ribu warga kelahiran 2006 sejak akhir bulan Juli lalu, untuk melakukan perekaman e-KTP baik di kecamatan terdekat maupun di Dukcapil.

Yang memperoleh undangan bisa melakukan perekaman e-KTP kapanpun hingga bulan September yang ditarget selesai. Namun setelah September pun masih dilayani hingga akhir tahun 2023.

Menurutnya dengan cara mengundang mereka lebih efektif daripada sebelumnya yang jemput bola di sekolah-sekolah yang digulirkan sejak tahun 2018.

Dari data di Dispendukcapil bulan Agustus di minggu kedua saja mencapai 24 persen atau 4.000 lebih yang telah melakukan perekaman e-KTP kelahiran 2006.

Perekaman e-KTP bagi pemula di Ponorogo dipermudah. Pemohon cukup membawa fotokopi kartu keluarga (KK) saat datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), kantor kecamatan terdekat. (yd/rl/ab)