HeadlineJelajah

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Awas praktik Perpeloncoan

Tahun ajaran baru sekolah 2023-2024 segera di mulai, sebagian besar peserta didik akan kembali ke sekolah pada 17 Juli 2023. Biasanya di awal masuk mereka akan dihadapkan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS yang rentan sekali dengan aktivitas Perpeloncoan. Meskipun saat ini sudah ada aturan yang mengikat terkait MPLS dimana tidak boleh ada praktik perpeloncoan. Sulton M.Si pengamat pendidikan sekaligus mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo mengatakan, kegiatan MPLS sifatnya harus memadukan antara kepentingan sekolah dan siswa. Selain itu harus bebas dari praktik perpeloncoan dan tidak menyusahkan kalangan wali murid.

Sulton menjelaskan, MPLS adalah kegiatan yang sangat penting dimana dalam masa itu peserta didik dikenalkan dengan lingkungan baru, teman baru termasuk juga cara belajar baru. Sehingga yang harus banyak terlibat adalah guru bukan diserahkan pada siswa. Jika memang harus melibatkan siswa sifatnya hanya membantu dan yang dilibatkan harus benar-benar selektif. Hal ini juga berlaku untuk pendidikan di jenjang paling tinggi yakni perguruan tinggi.

“Prinsipnya semua kegiatan harus dikendalikan oleh guru dan sekolah. Kegiatan didalamnya harus edukatif bukan malah membebani siswa apalagi sampai merepotkan orang tua” tambah Sulton.

Selain kegiatan edukatif, hendaknya sekolah juga harus memberikan kegiatan motivasi supaya siswa ketika masuk di sekolah baru lebih siap menghadapi lingkungan belajar yang berujung pada peningkatan hasil belajar. Sementara itu hasil pengamatanya, sejauh ini kegiatan MPLS masih di taraf normal dan wajar.