HeadlineJelajah

Sakit, PMI Asal Kelurahan Paju Dirawat di Rumah Sakit Taiwan, Gagal Dipulangkan

Nasib malang menimpa Wiji Lestari, warga jalan Kyai Solihin dukuh Krajan kelurahan Paju Ponorogo. Wanita 45 tahun itu, saat ini dirawat intensif  di Rumah sakit Taiwan karena sakit kanker. 

Karena kondisinya sudah lemah, PMI yang sudah 7 tahun menjadi asisten rumah tangga itu, tidak bisa dipulangkan ke kampung halaman. Lurah Paju, Daryanto mengatakan, warganya itu berangkat di Taiwan menjadi TKW sejak tahun 2016 lalu. Informasinya berangkat non prosedural dan mengalami over stay.

Kemudian pada Februari lalu, terkena sakit kanker payudara dan sempat operasi. Hanya saja kondisinya terus memburuk sehingga majikan siap memulangkan.

Tanggal 20 Juni lalu sebenarnya persiapan kepulangan sudah fix, tapi pihak bandara menolak lantaran tidak ada surat sehat dari dokter. Akhirnya yang bersangkutan dikembalikan lagi ke rumah sakit hingga saat ini.

Para rekan-rekan PMI di Taiwan melakukan open donasi untuk pembiayaan Wiji Lestari selama di rumah sakit. Pihak keluarga sendiri tak bisa berbuat banyak karena dari keluarga tidak mampu sementara Wiji Lestari belum pernah menikah.