Pemdes Bringinan Jambon, Lirik Budi Daya Bunga Telang Untuk Penghasilan Tambahan Warga

Pemerintah desa Bringinan Jambon mulai kembangkan budidaya bunga “Telang” di wilayahnya dalam beberapa bulan terakhir. Kepala desa Bringinan Subarno mengatakan, langkah itu dilakukan karena sangat prospektif untuk  meningkatkan perekonomian warga. 


Apalagi pemasarannya juga mudah karena sudah ada pasar yang siap menampung, yakni dari Madiun. Diakui selaku kepala desa, dirinya sempat kecolongan lantaran budidaya teh telang di wilayahnya sudah dilakukan 3 tahun lalu oleh masyarakat jalan desa Sidodadi dukuh Ngasem.

Dirinya heran melihat banyak tumbuhan merambat di sekitar rumah warga dengan bunga berwarna ungu. Di halaman rumah juga banyak warga menjemur bunga telang untuk dikeringkan. Setelah dicek, ternyata harganya mahal yakni Rp 80 hingga Rp 130 ribu per kg.

Setelah browsing di internet, ternyata dibuat teh dimana khasiat untuk kesehatan luar biasa seperti untuk hipertensi, penyakit mata, liver, jantung dan masih banyak lagi. Setelah mengetahui prospektif akhirnya timbul niat gerakan menanam bunga telang di pekarangan rumah. Pemdes ikut hadir dengan cara memberikan sosialisasi dan pelatihan-pelatihan.