HeadlineJelajah

Membludak, Peserta Festival Reyog Mini, Satu Malam Bisa Tampil 10 Grup Reyog Anak

Membludak jumlah peserta festival reyog mini yang akan digelar dalam perayaan Grebeg Suro tahun ini. Ada ada 31 grup reyog anak yang dipastikan akan tampil selama 3 hari yakni pada tanggal 21 Juli hingga 24 Juli 2022 nanti.

Yudha Slamet Sarwo Edi, kepala dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga – Disbudparpora mengaku jumlah itu di luar ekspektasinya mengingat pihaknya hanya menargetkan sekitar 25 grup reog saja yang daftar. Tapi antusiasme grup reog di sekolah maupun di kecamatan untuk ikut festival tinggi.

Akhirnya jika dalam semalam direncanakan yang tampil maksimal 8 grup, nantinya hingga 10 grup sehingga waktunya dipastikan molor. Meningkatnya jumlah peserta festival reyog mini patut disyukuri karena menandakan regenerasi berjalan baik.

Padahal selama pandemi, sekolah-sekolah hanya bisa melakukan pembelajaran secara daring, tapi ketika mendengar festival reyog digelar kembali, mereka langsung melakukan persiapan dengan aktif latihan. Ke depan pihaknya akan melakukan klasifikasi untuk grup reyog remaja dan grup reyog anak-anak.

Sementara untuk festival nasional reyog Ponorogo, akan diikuti 27 peserta dengan rincian 13 grup reyog dari Ponorogo dan 14 grup reyog dari luar daerah.