HeadlineJelajah

PPI Di Sambit Mangkrak 11 Tahun Tanpa Kejelasan , Bupati Wacanakan Jadikan Pasar Buah Lokal

Bangunan Pasar Pelelangan Ikan (PPI) Ponorogo yang berada di Desa Besuki Kecamatan Sambit atau di pinggir jalur penghubung Kabupaten Ponorogo-Trenggalek ,  yang dibangun sejak 11 tahun lalu , sama sekali tidak digunakan alias magkrak . Siti Barokah Kepala Bidang Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Peternakan (Dipertahankan) mengaku tidak mengetahui asal usul anggaran pembangunan PPI tersebut .

Menurutnya PPI ada sebelum dirinya menjabat dipertahanakan . Siti mengungkapkan, untuk mengoperasikan kembali PPI pihaknya harus berpikir dua kali . Selain Ponorogo bukan sentra ikan, pihaknya pesimis pedagang ikan dan konsumen mau meramaikan kawasan tersebut .

Sementara itu Sugiri Sancoko Bupati Ponorogo mengaku pihaknya berencana mengaktifkan kembali pasar dibawah naungan Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Peternakan (Dipertahankan) ini .  Tapi  bukanya menjadi sentral penjualan ikan, namun kawasan ini akan dijadikan pasar buah .

Nantinya buah-buah lokal asli Ponorogo yang akan dijajakan di kawasan yang berada di jalur Ponorogo-Trenggalek tersebut . Kang Giri sapaan mengaku pengatifkan kembali PPI menjadi pasar buah akan dilakukan tahun ini  .  Dengan penataan pasar mengingat kualitas bangunan yang sudah usang  dan rawan roboh .

Sekedar informasi bangunan PPI milik Dipertahankan yang dibangun dengan dana APBD 2011 senilai Rp 500 juta kian memprihatikan . Selain mangkrak sejak diresmikan pada 15 April 2012 lalu, sejumlah bagian bangunan mulai hancur dan tertutup ilalang .  Hingga kini belum jelas kapan bangunan aset Pemkab Ponorogo itu akan difungsikan atau diperbaiki lagi.