Harga Pupuk Mahal Cuaca Tak Mendukung, Petani Di Desa Tatung Balong Enggan Bertanam Melon

Terungkap mahalnya harga buah melon akhir akhir ini .  Hal ini karena banyak petani yang enggan bertanam buah yang memiliki banyak kandungan air tersebut .  Desa Tatung Balong yang sebelumnya sempat jadi sentra buah melon, tahun ini pilih ditanami padi .


Rudi Sugiharto, kepala desa Tatung mengatakan petani takut tanam melon dengan musim seperti sekarang . Ketika ditanam saat usia 20 hingga 21 hari , banyak yang gagal karena tiba tiba buahnya puret .  Akhirnya tidak melanjutkan dan ditanami jenis lainnya yang lebih menguntungkan .

Disamping itu lanjut Rudi, harga pupuk non subsidi jika naik hampir 2 kali lipat  .  Terakhir kali  pihaknya bertanam buah melon tahun lalu dimana pasarannya ada di daerah Kramat Jati .  Tahun ini lebih memilih mengembangkan rumput pakchong , selain biaya tanam murah , praktis dan sudah ada permintaan pasar .

Informasinya harga buah melon saat ini mencapai 15 ribu rupiah per kgnya di tingkat pengecer .  Jika harga murah, hanya dihargai 5000 hingga 6000 rupiah per kgnya .