HeadlineJelajah

Perpusda Jam Buka Operasional Dikurangi, Pengunjung Berkurang

Pengurangan jam kerja PNS di saat bulan  Ramadhan berdampak pada jumlah kunjungan di perustakaaan daerah Ponorogo .  Pasalnya  jam operasional perpusda juga di kurangi .  Jika pada hari normal pengunjungnya bisa sampai 60 orang per hari .  Namun Kini selama bulan Ramadan, perpustakaan hanya dikunjungi 30-40 orang per harinya .

Nur Vitasari Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ponorogo mengakui memang ada sedikit perbedaan, tapi tidak terlalu banyak . Menurutnya ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan pengunjung di perpusda Ponorogo di bulan puasa ini .   Salah satunya yakni terkait dengan jam buka perpusda yang berkurang selama bulan Ramadan .

Vita mengungkapkan  sebelum puasa, jam buka perpusda mulai dari pukul 07.00 hingga 15.15 WIB . Namun, di bulan puasa ini, perpusda buka mulai pukul 07.30 hingga  14.45 WIB . Selain itu sudah diberlakukannya pembelajaran tatap muka di sekolah maupun di kampus-kampus .  Pasalnya sebagian besar pengunjung perpusda adalah pelajar dan mahasiswa .

Dengan sudah mulai aktif masuk sekolah, otomatis pada jam-jam tersebut mereka tidak bisa berkunjung . Baru setelah jam pulang sekolah hingga menjelang perpusda tutup, pengunjung malah berdatangan . Vita menceritakan, saat sekolah menerapkan pembelajaran dalam jaringan (daring) dulu,   pengunjung perpusda dari kalangan pelajar dan mahasiswa membludak .  Pasalnya ,  mereka memanfaatkan fasilitas internet di perpusda untuk melakukan pembelajaran daring .  Selain itu, lamanya mereka tidak masuk sekolah, juga membuat mereka bosan dan healingnya ke perpusda .