Jelajah

Tanaman Porang di Ngrayun Mulai Terserang Busuk Daun-Batang

Para petani porang di wilayah Ngrayun akhir-akhir ini dibuat kelimpungan karena areal tanaman porang mereka terserang busuk daun dan batang. Haryoko, salah satu petani porang asal Mrayan kepada gema surya menyebut, teman-teman petani di wilayah nya mengeluhkan kebanyakan tanaman mereka terserang busuk pada daun dan batangnya.

Prosentase tanaman yang terserang, memang diakui ki tidak terlalu banyak, namun kalau dibiarkan, petani bisa merugi sebab biasanya mereka mengembangkan porang untuk dibuat benih dari hasil tanamannya sendiri. Namun kalau akhirnya kualitasnya jelek, tentu para petani harus membeli bibit, yang otomatis akan menambah biaya produksi. 

Awalnya porang yang baru berumur beberapa bulan, tiba-tiba menguning, hingga layu dan akhirnya mati. Diperkirakan, tanaman porang tersebut terserang jamur atau ulat. Sejauh ini langkah yang bisa dilakukan petani yakni hanya dibabat dengan harapan akan muncul tunas baru atau menyemprot nya dengan fungisida. Sedangkan di Gapoktan Kecamatan Ngrayun, kini terus dilakukan evaluasi berkala.