Desember 2021, Cabai Rawit Naik Jadi 50 rb/kg

Harga cabai makin pedas di penghujung tahun 2021 ini. Kenaikan harganya sangat signifikan 10 hari terakhir ini. Berawal dari harga 15rb, naik hingga 50rb/kg per 1 Desember 2021. Kenaikan harga dikarenakan stok yang semakin langka di awal musim hujan ini. Namun meski mahal, kebutuhan konsumen justru meningkat. 


Terbukti, Munif pedagang sayur di Sumoroto mengakui, meski harganya mahal puluhan kg cabai yang dibawanya tetap laku terjual. Hal ini kemungkinan karena saat ini sudah banyak yang butuh untuk acara hajatan. Namun meski banyak yang beli, dirinya masih belum berani nyetok banyak. Lantaran kualitas cabai saat musim hujan kurang bagus dan mudah busuk. Selain itu harga juga sangat fluktuatif, hari ini bagus belum tentu akan bagus terus.

Ditanya terkait penyebab kenaikan lanjut Munif, memang stock sangat terbatas. Bahkan dirinya harus rebutan jika tidak mau ngaplo tidak dapat dagangan. Selain itu, petani juga baru saja tanam baru sehingga harus nunggu waktu panen. Cuaca basah juga menyebabkan bertambahnya biaya tanam. Diperkirakan kenaikan ini akan terus terjadi hingga awal tahun 2021.