Nguri-Uri Bahasa, Barno Ajak Anak-Anak di Desanya Belajar Bahasa Jawa

Kian sedikitnya penggunaan bahasa Jawa kromo inggil di kalangan anak-anak muda memunculkan keprihatinan berbagai pihak, tanpa terkecuali Barno, Kepala Desa Bringinan Jambon, Karena itulah ia kemudian tergerak hati untuk ikut memotivasi anak-anak menggunakan bahasa Jawa kromo inggil lagi.


Dirinya dan sang istri mengajak anak-anak SD di Bringinan, untuk belajar bahasa Jawa kromo inggil dan tata cara bersopan santun, ternyata pelatihan tersebut mendapat sambutan luar biasa dari anak-anak dan orang tua mereka. Sejak tahun 2018 setiap Sabtu malam (26/12) bertempat di rumah baca, anak-anak antusias belajar bahasa Jawa kromo inggil yang notabene merupakan bahasa komunikasi sehari-hari. Selain bahasa yang diajarkan ia juga mengajarkan anggah-ungguh atau sopan santun anak-anak terhadap orang yang lebih tua.

Kegiatan tersebut juga di gaungkan bersama karang taruna atau relawan Desa setempat untuk menunjukan eksistensi Desa. Diakui jika setelah diadakan kegiatan ajar boso Jowo, anak-anak di Desanya semakin mampu berbahasa Jawa serta mampu memposisikan diri terhadap orang yang lebih tua.