Isolasi Wilayah, Kades Kutu Kulon Jetis Minta Bantuan ke Dinsos

Jumlah warga positif Corona meningkat, Kades Kutu Kulon Jetis minta bantuan ke Dinas Sosial lantaran Dana Desa untuk penanganan covid-19 terus menipis. Apalagi saat ini dilakukan isolasi wilayah sebagai bentuk antisipasi, tentunya kebutuhan warga terus meningkat. Beruntung masih ada 9 RT lainya di Dukuh Tegal Arum yang bahu membahu mencukupi kebutuhan hidup seperti sayur mayur untuk warga yang sedang isolasi mandiri.


Seperti disampaikan oleh Supriyono Kades Kutu Kulon, Jetis kepada Gema Surya, Kamis 17 September 2020. Pihaknya saat ini merasa was-was lantaran keuangan Pemdes untuk penanganan covid terus menipis. Terakhir hanya tersisa 13 juta itupun sudah diambil beberapa untuk memenuhi kebutuhan warganya di RT 1 RW 2 yang sedang isolasi mandiri sejak kemarin. Satu RT yang terdiri dari 70 Kepala Keluarga tersebut sedang dilakukan isolasi wilayah hingga 14 hari kedepan lantaran ada 4 warganya yang positif Corona dan 1 meninggal dunia.

Berdasarkan kejadian ini, Masih kata Supriyono, pihaknya terpaksa meminta bantuan Dinas Sosial meski sampai saat ini belum ada jawaban. Padahal anggaran Dana Desa yang dialokasikan untuk penanganan covid sudah maksimal. Namun di 5 bulan awal pandemi, dana tersebut sudah dipakai untuk langkah antisipatif seperti pembangunan ruang isolasi, sarana cuci tangan dll. Sebelumnya semua warganya bebas covid, baru bulan ini tiba-tiba muncul kasus yang terkonfirmasi positif.

Beruntung warga di 9 RT lainya dengan kompak bahu membahu bergantian membantu kebutuhan sayur mayur warga yang saat ini wilayahnya diisolasi. Sedangkan untuk beras dicover dari pihak Desa. Harapanya Covid segera berlalu, jika ada warga lain yang ingin membantu juga dipersilahkan. Kebutuhan yang paling urgent saat ini, lanjut Supriyono, adalah Vitamin C untuk meningkatkan imun warga yang sedang isolasi.

Sementara itu, Supriyadi Kepala Dinas Sosial dan P3A, membenarkan adanya permohonan bantuan dana tersebut. Saat ini sudah menerjunkan tim untuk menghitung besaran kebutuhan yang diperlukan di 2 Desa di Kecamatan Jetis yakni Kutu Kulon dan Krang Gebang yang melakukan isolasi wilayah. Jika sudah disetujui oleh Bupati, rencananya paling cepat besok bantuan dalam tersebut dapat disalurkan kepada warga yang melakukan isolasi mandiri. Bantuan yang akan diberikan berupa Sembako dan Vitamin.

Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •